Dianpinsa TKK-MPK KAS: Menjadi Pemimpin yang Katolik, Pantang Menyerah dan Berjiwa Sosial

Dianpinsa TKK-MPK KAS: Menjadi Pemimpin yang Katolik, Pantang Menyerah dan Berjiwa Sosial Dianpinsa atau Gladian Pimpinan Sangga adalah sebuah pelatihan kepemimpinan bagi satuan penegak. Bima Srikandi dua sangga Sedes Bedono turut bersiap dilatih menjadi para pemimpin-pemimpin katolik pada gelaran Dianpinsa. Menjadi Bima-Bima dan Srikandi-Srikandi yang tangguh, tegas, berani, namun juga memiliki kelembutan hati.

Rencana Badminton di SMA Sedes Sapientiae Dihidupkan, Melihat Bakat dan Minat Siswa

Rencana Badminton di SMA Sedes Sapientiae Dihidupkan, Melihat Bakat dan Minat Siswa

Bedono - Suasana ekstrakulikuler di SMA Sedes Sapientiae Jambu mengalami perubahan signifikan dengan perencanaan peluncuran ekstrakurikuler bulu tangkis. Kehadiran kegiatan ini menjadi respons positif terhadap gelombang minat siswa yang tinggi dan mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah, yang muncul akibat mulainya pelatihan POPDA Bulutangkis sejak hari Sabtu (29/1/2024)

Pergantian Musim di Asrama Putra: Lonjakan Kasus Flu dan Demam di Bulan Januari 2024

Pergantian Musim di Asrama Putra: Lonjakan Kasus Flu dan Demam di Bulan Januari 2024

Bedono – Seiring dengan pergantian musim yang terjadi pada bulan Januari 2024, Asrama Putra Sedes Sapientiae menghadapi tantangan kesehatan baru. Lonjakan kasus flu, demam, batuk, dan pilek melanda penghuni asrama, memicu perhatian dan tindakan pencegahan yang ketat dari pihak pengelola.

Dibuka untuk umum, Pojok Literasi Baru Menyambut Siswa dengan Buku dan Inspirasi

Dibuka untuk umum, Pojok Literasi Baru Menyambut Siswa dengan Buku dan Inspirasi

Bedono – SMA Sedes Sapientiae Jambu menyambut Siswa dengan Pojok Literasi Terbaru yang dibuka pada hari Senin (15/1/2024). Para anggota ekstrakurikuler jurnalistik telah meluncurkan sebuah inisiatif kreatif yang bertujuan meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan siswa.

1  2  3  4  5  ...  104

MISA KONGGREGASI SUSTER OSF

15 May 2023

MISA KONGGREGASI SUSTER OSF
Pada Rabu, 10 Mei 2023 SMA Sedes Sapientiae Jambu mengadakan misa di aula sekolah dalam ranngka peringatan hari jadi konggregasi Suster-suster  OSF. Misa kudus yang dimulai pada pukul 07.00-08.30 WIB tersebut dipimpin oleh Rm. Yonas  Roko, MSF dengan homili tentang kisah hidup Ibu Magdalena Daemen serta awal berdirinya dari OSF.
 
Riwayat hidup singkat Magdalena Daemen
Maria Catharina Daemen atau yang dikenal dengan Magdalena Daemen lahir pada tanggal 19 November 1787 sebagai anak sulung dari sepasang suami istri yang berprofesi sebagai petani. Semasa kecil, ia selalu membantu orang tuanya bekerja di ladang. Catharina Daemen adalah seorang gadis yang sederhana, percaya kepada Tuhan yang selalu menyelenggarakan segala sesuatu yang dibutuhkannya. Maka ia semakin berusaha untuk bekerja keras dan berdoa.  Ia adalah gadis yang sederhana dan miskin, namun ia aktif dan kreatif mengembangkan dirinya, karena ia tetap percaya kepada Tuhan  Sang Penyelenggara hidupnya.
 
Awal berdirinya OSF
Maria Catharina Damen hidup di zaman kericuhan, baik dalam bidang agama maupun politik. Dengan kepercayaan yang kuat akan penyelenggaraan Tuhan, ia pergi ke Maaseik kota kecil dekat desa kelahirannya, lalu menggabungkan diri dengan persekutuan orang-orang yang menamakan dirinya anggota Ordo Ketiga St. Fransiskus yang tetap awam, yang membaktikan hidupnya kepada Tuhan, dengan doa dan karya.  Dalam ordo inilah ia berserah setia dan mendapat kepercayaan untuk mengatasi tantangan zaman. Di sinilah ia berkarya, berdoa, bermatiraga dan melaksanakan tugasnya dalam keheningan.
Dalam konggregasi OSF terdapat semangat DEUS PROVIDEBIT yang artinya “Tuhan menyelenggarakan.”  Semangat ini menjadi dasar spiritual dalam karya dan pelayanan para suster OSF.
 
Pada akhir misa, Suster Coleta naik ke atas panggung untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada Romo Yonas Roko, MSF yang telah berkenan memimpin misa dalam peringatan hari jadi konggregasi OSF. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Para Suster, bapaqk/Ibu guru dan karyawan serta seluruh petugas misa. Setelah misa, saat jam istirahat, seluruh siswa dan guru serta karyawan masing-masing mendapatkan satu dus kotak berisi makanan dari para Suster OSF sebagai rasa syukur atas kasih Tuhan.

Penulis : Alexia Michele Wibowo

Asal : Papua



Back to Top