MALAMNYA ANGKATAN 36

MALAMNYA ANGKATAN 36 Tidak sedikit wajah-wajah yang masih asing saat aku masuk di dalam aula ini. Tidak sedikit suara-suara yang memenuhi isi ruangan ini. Tetapi, tidak sedikit juga energiku pada hari ini. Semangatku menggebu-gebu, ragaku sudah tidak sabar lagi menampilkan apa yang sudah kupersiapkan kemarin. Semangat!

MPLS: Kisah Perjalanan Kapten Melintasi Hari

MPLS: Kisah Perjalanan Kapten Melintasi Hari Hari ini sangat menguras energi dalam memulai perjalananku. Bersama dingin yang masih saja menyelimutiku, juga terbayang begitu padat dan melelahkannya perjalanan hari ini. Namun, semangat baru masih bergejolak dalam diriku, semoga aku mampu. Yah… aku harus mampu!

MPLA DAY 2: MENJELAJAHI KEGIATAN MANDIRI DAN KOLABORATIF

MPLA DAY 2: MENJELAJAHI KEGIATAN MANDIRI DAN KOLABORATIF Hari pertama telah dilalui dengan perasaan yang bercampur-campur. Sedih karena berpisah dengan orang tua, namun juga bahagia dapat bertemu dengan teman baru yang berasal dari berbagai daerah. Dengan penuh semangat, mereka dapat melepas semua rasa yang mereka lalui pada hari pertama ini. Pada hari ini, mereka akan memulai perjalanan baru  untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan berproses bersama di asrama.

Petualangan Kapten: Persahabatan Baru

Petualangan Kapten: Persahabatan Baru Pagi yang menusuk dan menyengat-nyengat tulang-tulang sumsum. Kulit terasa membeku sehingga terasa kaku saat kaki-kaki ini melangkah. Hari baru dan petualangan baru akan menyambutku tanpa dapat lagi aku hindari. Inilah perjalananku….

1  2  3  4  5  ...  106

Katur Surata, Katur Tanggel Jawab, Katur Bumandhala

14 September 2023

Katur Surata, Katur Tanggel Jawab, Katur Bumandhala
BEDONO. Pelantikan Ambalan dan calon Pasukan Inti kembali dilaksanakan di tahun 2023 tepatnya pada 9-10 September 2023 ini dengan mengangkat tema “Katur Surata, Katur Tanggel Jawab, Katur Bumandhala” yang artinya” Kepada Keberanian, Kepada Tanggung Jawab, Kepada Dunia”. Tema yang diangkat ini memiliki makna yang mendalam yakni memberi pengabdian kepada keberanian diri, bertanggung jawab akan tugas yang diberi oleh dunia, dan memberi yang terbaik kepada dunia kembali.

Hari Sabtu-Minggu, 9-10 September 2023 Pramuka pangkalan SMA Sedes Sapientiae Jambu mengadakan pelantikan Ambalan gugus depan 06.065/06.066 Bima Srikandi dan Pasukan Inti angkatan 2023/2024. Kegiatan diselenggarakan oleh pramuka SMA Sedes Sapientiae Bedono melalui Pembina Pramuka, Bantara, calon Pasukan Inti sebagai panitia dan seluruh siswa kelas X angkatan 35 sebagai peserta. Serangkaian kegiatan pramuka selama dua hari ini dilakukan di SMA Sedes Sapientiae Jambu-Bedono dan area Tanggulasi. Kegiatan demi kegiatan direncanakan sedemikian rupa dengan tujuan untuk menyiapkan semua siswa kelas X dan calon Pasukan Inti sebelum dilantik menjadi anggota Ambalan dan Pasukan Inti SMA Sedes Sapientiae Jambu-Bedono. Selain itu, kebersamaan yang tercipta juga mempererat persaudaraan antara satu sama lain. Bahkan dalam kegiatan semuanya diperlukan kerjasama satu sama lain tanpa membeda-bedakan untuk mencapai keberhasilan dan tujuan yang diinginkan dalam menyelesaikan beberapa misi di setiap acaranya. Pastinya kegiatan yang dilakukan memberikan makna yang berharga dan dapat diambil sebagai pelajaran di kehidupan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan diantaranya seperti upacara pembukaan, pengujian materi kepramukaan seperti sandi, tali temali, pemberian materi damkar dan Bima Srikandi, dinamika kelompok, renungan malam, ibadah bersama, jalan dan pencarian badge, dan upacara penutupan dan pelantikan. Terlihat antusias peserta dan panitia dalam melaksanakan serangkaian acara sehingga kegiatan dari siang hingga malam di hari pertama dan pagi hingga siang di hari kedua ini berjalan lancar dan menyenangkan.

Serangkaian kegiatan dalam acara ini sudah direncanakan oleh panitia sedemikian rupa baik di hari pertama maupun di hari kedua. Untuk memulai kegiatan pramuka dalam rangka pelantikan Ambalan dan Pasukan Inti, semua Pembina, panitia, dan peserta melaksanakan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan sekolah. Upacara diikuti dengan khidmat dari awal hingga akhir sebagai tanda telah dimulainya acara ini. Setelah upacara selesai, dilanjutkan dengan pemberian materi damkar dan Bima Srikandi kepada seluruh peserta di depan Gua Maria Asrama Putra, sedangkan calon Pasukan Inti mengikuti kegiatan seleksi tahap selanjutnya yakni PBB, tali temali, dan morse dengan Bantara di lapangan depan sekolah. Lalu setelah semuanya sudah selesai, acara selanjutnya diadakan di aula yakni “Game Gedhe” yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Terdapat beberapa game yang harus diikuti yakni “Kita Bangkit” dan “Balik Karpet”. Setiap game memiliki aturannya sendiri yang sangat diperlukan Kerjasama di setiap kelompoknya. Tak kalah seru, game ini berhasil menciptakan suasana ramai dan antusias dari peserta yang luar biasa di aula. Lalu setelah game selesai, semua pembina, panitia, dan peserta bersiap untuk mengikuti Perayaan Ekaristi di Gereja St. Thomas Rasul Bedono. Semua Pembina, panitia, dan peserta pun segera menuju ke Gereja dengan berjalan kaki. Perayaan Ekaristi diikuti dengan khidmat dari awal hingga akhir yang saat itu dipimpin oleh Romo Yohanes Wicaksono Pr. Ketika Perayaan Ekaristi selesai, semua pembina, panitia, dan peserta segera kembali ke sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

Sesampai di sekolah, semua panitia dan peserta langsung menuju ke aula untuk makan bersama dan dilanjutkan dengan novena malam. Setelah novena malam terdapat free time activity dimana seluruh siswa kelas X diwajibkan untuk berganti pakaian dan setelah itu kembali ke aula untuk kegiatan dinamika kelompok. Dinamika kelompok ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antar sesama sangga dalam kelompok. Kegiatan ini sudah disiapkan secara matang oleh panitia sehingga suasana sekolah sangat menegangkan selama dinamika kelompok ini berlangsung. Setelah kira-kira 2 jam berlangsung, kegiatan dinamika kelompok ini selesai dan seluruh siswa kelas X kembali ke aula untuk menjahit pita di baju pramuka mereka masing-masing. Jam sudah menunjukkan pukul 22.00 seluruh siswa kelas X yang sudah selesai menjahit pita diminta untuk tidur, karena besok pagi akan diadakan kegiatan jalan pagi, yang dimulai pada pukul 03.00.

Semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan dua pendamping panitia untuk menyusuri hutan dengan rute yang sudah ditentukan. Di pos 6 dan 7 semua peserta ditugaskan untuk mencari badge Bima-Srikandi yang sudah disembunyikan. Lalu melanjutkan perjalanan sampai di tujuan akhir yakni di daerah pepohonan karet. Di sini semua peserta ditugaskan untuk menjahit badge di lengan kiri tepatnya di bawah pita ungu. Lalu setelah selesai, semua peserta berganti pakaian pramuka lengkap untuk mengikuti upacara penutupan. Calon Pasukan Inti juga mendapatkan badge pasukan inti yang harus dijahit di dada sebelah kiri. Lalu setelah semuanya berganti pakaian, dilanjutkan dengan sarapan. Setelah itu, dilanjutkan dengan upacara penutupan di tengah hutan di kelilingi pohon-pohon karet yang menjulang tinggi. Upacara penutupan berjalan dengan hikmat dan terdapat sesi khusus sebagai tanda dilantiknya Ambalan dan Pasukan Inti yaitu dengan mengucurkan air yang sudah dicampur dengan bunga di atas kepala. Yang tak kalah penting dan sudah menjadi kebiasaan di Prasesa yaitu menelan brotowali yang diberikan oleh Bantara dan dinetralisir dengan sedikit gula jawa. Acara terakhir yakni foto bersama dan dilanjutkan dengan perjalanan pulang menuju ke sekolah. Sesampai di sekolah pun, semua panitia dan peserta harus membereskan tempat dan barang-barang sebelum meninggalkan sekolah dan kembali ke asrama atau rumah masing-masing.
 
Penulis : Fransisca Christania Paska Nugraha
Kelas     : XI.2/ Jurnalis of Sedes Sapientiae
Asal       : Ambarawa, Jawa Tengah


Back to Top